]
Headline News :

Pencarian

Home » , » Cara aman ngenet di warnet

Cara aman ngenet di warnet

Senin, 01 April 2013 | 0 komentar

warnet buleDalam berinternet di tempat umum kita tidak bisa sembarangan, sembrono dan ceroboh. apalagi jika kita berselancar di tempat publik seperti warnet, wuiihhhh…kita mesti hati-hati tuh, untuk itulah saya coba merangkum 12 tips warnet yang mungkin bermanfaat bagi anda
lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. gitu juga dengan warnet, laen-laen kondisinya. ada yang nyaman pake sofa, pake AC, LCD, spesifikasi komputer yang lumayan tinggi namun gak sedikit juga warnet yang “kurang nyaman”, bau pesing, panas (bawa kipas sendiri dari rumah), komputer yang lemot abis (dari jaman firaun belon lahir gak pernah diupdate), dll.
tapi terlepas dari faktor external tersebut yang perlu kita beri perhatikan dengan seksama adalah faktor internal alias “sistem” yang ada pada warnet tersebut. beruntung klo kita pas dapet warnet yang punya managemen sistem yang bagus , memiliki proteksi sistem  seperti antivirus, firewall, memasang deep freeze dlsb. lah kalo pas apes dapet warnet yang komputernya bersarang berbagai macam virus-virus nakal, spyware, trojan, lebih parahnya lagi di komputernya ada KEYLOGGER-nya.
anda tidak akan merasakan apa-apa sewaktu menggunakan komputer yang sudah terpasang keylogger, hingga tau-tau account facebook, twitter atau email anda udah diacak-acak orang (lebih parah lagi kalau ditulisin status yang aneh-aneh…..). nah untuk meminimalisir resiko tersebut tips warnet berikut ini mungkin perlu anda coba:

tips warnet: 11 cara aman ngenet dari warnet

1. jangan lupa untuk SIGN OUT, LOG OUT (apapun yang ada out..outnya dah…)
ini nih yang sering dilupakan oleh sebagian pengguna warnet, abis buka email, facebook atau blog langsung maen close aja, ntar kalo emailnya atau facebooknya dimasukin orang , pada meraung-raung “facebook ku dihack….”, “emailku dihack……..” padahal itu karena kesalahannya sendiri.
2. jangan melakukan transaksi internet banking atau transaksi keuangan lainnya lewat warnet.
bahaya banget tau …!! gak ada jaminan komputer warnet yang anda gunakan bebas dari keylogger yang
akan merekam semua input karakter anda, ya termasuk password..! selain itu warnet juga rawan sniffing, dimana para user lain bisa aja melacak dan “mengendus”  trafic data yang terjadi pada komputer anda.
3. tips warnet selanjutnya, jangan pernah menyimpan password anda.
kan sering tuh browser2 menawari anda untuk menyimpan password, JANGAN TEKAN YES, kalo gak password anda akan terekam pada browser dan bisa digunakan orang lain.
4. bersih kan cookies dan browsing history sebelum anda cabut dari warnet.
5. gunakan on-screen keyboard saat memasukan password anda,
ini untuk mengakali keylogger, sebagian keylogger tidak bisa membaca input karakter yang dilakukan lewat on-screen keyboard. tapi ternyata oh ternyata ADA KEYLOGGER yang bisa membaca input dari on-screen keyboard. disinilah peran antivirus sangat vital, karena biasanya keylogger-keylogger tersebut akan terdeteksi sebagai malware, kecuali keylogger yang dipasang langsung pada hardware dalam hal ini keyboard.
6.  JANGAN AKSES KONTEN-KONTEN DEWASA, selain berdosa, juga biasanya situs-situs tersebut banyak diboncengi oleh virus-virus nakal, lagipula sebenarnya apa yang anda lakukan pada komputer semuanya bisa dilihat  sama operator warnet, jadi apa gak malu sama OP warnetnya kalo ketauan buka bokep…???
7. tips warnet berikutnya adalah selalu kantongi AV portable , selalu sediakan antivirus versi portabel pada USB stick, buat jaga-jaga siapa tau diwarnet yang bersangkutan gak ada antivirusnya. dan jangan lupa antivirusnya selalu diupdate, kalo gak ya sama aja bohong…
8. jangan tinggalkan dokumen penting anda di komputer warnet.
9.  sediakn browser portabel di USB stick anda, sapa tau diwarnetnya cuman ada IE itupun IE versi 5.5 (muntah….muntah….)
10. sebaiknya anda punya warnet langganan yang terpercaya, kalo perlu kenalan sama operatornya(Kayak Saya), jadi kalo ada apa-apa atau ada  barang-barang anda yang ketinggalan gampang urusannya .
11. samapai rumah jangan lupa scan dulu USB stick anda dengan antivirus ya…..
12.tips warnet terakhir, bagi anda yang sudah menganggap internet sebagai kebutuhan pokok setelah NASI, lebih baik menabung, dan memasang akses internet sendiri dirumah , itu jauh lebih hemat, aman dan nyaman ketimbang anda ngenet diwarnet terus menerus. banyak provider internet yang bisa anda pilih (saya gak mau nyebutin karena memang gak mau promosiin) , tapi susahnya bagi temen2 yang tinggal di daerah-daerah, karena infrastruktur internet diindonesia masih sangat…sangat….sangat…..(tambahin satu lagi biar mantep SANGAT) kurang…:D
nah itu tadi tips warnet yang perlu anda pertimbangkan, supaya anda merasa aman dan nyaman dalam berselancar dari sebuah warung internet
itu dulu aja deh ntar kalo ada ide lagi saya tambahin….:)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berbagi Cara - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger